Puluhan Masa Amakoja Demo PT. PN6 Jambi



Jambi - sorot-jambi.com - Puluhan masa dari AMAKOJA (ALIANSI MASYARAKAT ANTI KORUPSI JAMBI) Senin (29/7) Siang mendatangi kantor PT. PN6. Masa yang datang menuntut kejelasan atas kasus dugaan  korupsi yang dilakukan pihak PT. PN6 yang yang telah merugikan warga dan Negara.

Gambar: Ilustrasi
Arif Anggoro selaku koordinator lapangan aksi demo ini menyatakan tegas tuntutan mereka atas dugaan korupsi yang dilakukan Dirut PT. PN6, Iskandar Sulaiman dalam kasus pengadaan 2.000 ekor  sapi yang dikomandoi oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, penanaman bibit Teh tahun 2010 di kebun Kayoe Aroe Kabupaten Kerinci  dan pembelian lahan sawit dari PT. MAJI. “Kami meminta kejelasan kepada pihak PT. PN6 atas semua kasus dugaan korupsi ini. Rakyat berhak atas  transparasi informasi dari pihak Perusahaan” Ujar Arif pada orasinya.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh AMAKOJA berjalan kondusif dan tidak menimbulkan keributan meski pendemo tidak dapat bertemu perwakilan dari pihak PT. PN6.  Pihak Perusahaan berkilah bahwa semua  Pimpinan dan Staf sedang tidak dikantor karena cuti lebaran. “Maaf kepada pendemo yang terhormat, para  Pimpinan dan Staf  kami sedang tidak dilokasi karena beberapa ada yang sedang menjalani ibadah Umroh dan Cuti lebaran” ujar salah seorang dari Perwakilan Perusahaan.

Pada tuntutannya AMAKOJA menjelaskan bahwa Iskandar Sulaiman telah melakukan banyak Mark Up pada beberapa proyek Perusahaan. Masa juga kecewa atas kinerja Kejaksaan  Tinggi Jambi yang mengusut kasus ini karena dirasakan hanya berjalan ditempat saja dan tidak ada tindak lanjut penyelesaiannya.

Karena tidak mendapatkan hasil pada aksinya, akhirnya masa membubarkan diri dengan tertib tanpa ada kericuhan. Masa juga berjanji akan terus mendesak dan mem-Follow-Up kasus ini di Kejaksaan Tinggi Jambi agar kasus ini dapat segera dituntaskan. (jry/sorot-jambi.com)

Vonis Hakim Terlalu Rendah, Putuskan 13 Bulan Untuk Terdakwa Kemas Arsyad Somad dan Eliyanti

Suasa Diruang Sidang (Photo: Maya Asmita)

Jambi, sorot-jambi.com - Bagaimana mau memberi efek jera kepada Koruptor ? Putusan Pengadilan Tipikor saja menjatuhkan Vonis 13 Bulan Penjara kepada Terdakwa Kemas Arsyad Somad mantan Rektor Universitas Jambi (UNJA) dan Eliyanti dalam Kasus Korupsi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Universitas Jambi (UNJA).

Majelis Hakim Tipikor Jambi yang diketuai oleh Suprabowo, Selasa (23/7) menyatakan selain divonis 13  bulan penjara, Terdakwa juga dikenakan denda Rp. 50 Juta Subsider dua bulan penjara dan denda Rp. 600 juta.

Vonis Hakim tersebut lebih rendah enam bulan dari tuntutan 19 bulan penjara, seperti yang dibacakan JPU (Jaksa Penuntut Umum) pada persidangan sebelumnya.

Dalam Keputusan Majelis Hakim Tipikor Jambi menjelaskan, bahwa Terdakwa Kemas Arsyad Somad dan Eliyanti telah terbukti bersalah secara sah melakukan Tindak Pidana Korupsi secara bersama – sama dengan menguntungkan orang lain.

Photo: Maya Asmita - sorot-jambi.com

Berkaitan dengan Putusan Majelis Hakim Tipikor Jambi, mendapat tanggapan keras dari Forum Bersama 9 LSM Jambi, Koordinator II R Ramadhoni dikonfirmasi Redaksi  Sorot Jambi Online mengatakan, “Kami menyayangkan ringannya Putusan Hakim. Bagaimana Koruptor mau jera, sedangkan putusannya terlalu rendah,” jelasnya (25/7). Masih menurut R Ramadhoni, “Terdakwa  berpura – pura sakit, sehingga saat ini menjalankan tahanan rumah. Padahal kalau kita lihat di persidangan mereka sehat – sehat saja baik Kemas Arsyad Somad maupun Eliyanti,” ujarnya.

Dengan Putusan Majelis Hakim, Kami minta “Kemas Arsyad Somad dan Eliyanti segera dieksekusi vonis penjara sesuai dengan putusan Pengadilan Tipikor Jambi,” ujarnya tegas. (sorot-jambi.com/YKS).

Gubernur Gelar Buka Puasa Bersama Insan Pers Jambi

Suasana Buka Bersama Insan Pers Jambi

sorot-jambi.com, Jambi - Dalam rangka mempererat tali silahturahmi antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan para Jurnalis dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Jambi, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menggelar buka puasa bersama yang digelar dirumah dinas nya pada Selasa (16/7).

Tampak ratusan wartawan dari berbagai media di Jambi dan anggota LSM menghadiri undangan dan memadati auditorium rumah dinas Gubernur Jambi. Dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 17.00 WIB ini di isi dengan kegiatan keagamaan seperti tausiyah ramadhan dan do'a bersama.

Suasana akrab tampak saat acara buka bersama berlangsung. Terlihat diantara para jurnalis yang hadir saling tegur sapa satu sama lain walaupun berbeda media. Dalam acara ini juga turut hadir Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Ali Dasril, serta para pejabat terkait dari Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.
Gubernur Jambi (dua dari kiri) berbuka dengan undangan

Dalam sambutan yang diberikan oleh HBA, Ia menyampaikan ribuan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah menghadiri acara tersebut terutama para insan pers Jambi. Gubernur juga menambahkan semoga dengan berlangsungnya acara tersebut dapat mempererat tali silahturahmi antara pemerintah dengan insan pers beserta para LSM yang ada di Jambi. (SJ.com/jry)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...